Perkuat Merdeka Belajar Episode 24, Formalindo Donasikan 1000 Buku Kepada Bunda PAUD Labuhanbatu

RANTAU PRAPAT – Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) mendonasikan 1000 buku bermutu untuk literasi kepada Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu. Donasi buku ini bertujuan untuk memperkuat fondasi literasi PAUD dan SD kelas awal di Kabupaten Labuhanbatu. Donasi buku ini diterima langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dr Hj Maya Hasmita SpOg MKM, Sabtu (16/09/2023).

Donasi buku untuk literasi ini merupakan bagian upaya inovasi Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu dalam menggerakkan Merdeka Belajar Episode 24 Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan. Upaya untuk memperkuat program transisi PAUD ini harus melibatkan banyak stakeholder.

Menurut Bunda PAUD, inovasi ini merupakan upaya Bunda PAUD untuk menggalang kerjasama kepada mitra pembangunan yang ada agar dapat mendukung Gerakan Transisi PAUD yang menyenangkan dengan memperkuat pada aspek lierasinya.

“Saya sebagai Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Formalindo yang telah peduli dan mau bekerjasama dengan Bunda PAUD untuk memperkuat transisi PAUD ke SD yang saat ini sedang saya galakkan dan saya pimpin langsung”, ungkap ibu wakil Bupati yang bergelar dokter ini.

Semoga buku-buku ini nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak kita di PAUD dan SD kelas awal, sehingga anak-anak mendapatkan akses buku bermutu untuk memperkuat literasi di PUD dan SD Kelas Awal, imbuh Bunda PAUD Labuhanbatu lagi.

“Nantinya 1000 buku ini akan kita berikan kepada sekolah-sekolah PAUD dan sebagaian SD Kelas Awal di Kabupaten Labuhanbatu. Dan kedepan kita akan tetap mendukung dengan mengadakan buku-buku bermutu yang nantinya akan kita berikan kepada PAUD yang ada di Labuhanbatu”, terang dr Hj Maya Hasmita SpOg MKM.

Salah satu fondasi dasar yang perlu diperkuat sejak dini adalah ketrampilan literasi. Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu berkolaborasi erat dengan Bunda PAUD dalam mensukseskan program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan ini.

Saat mendampingi Bunda PAUD Labuhanbatu menerima donasi buku dari Formalindo, Kepala Dinas Pendidikan Asrol Azis Lubis SE, M.AP menyampaikan akan terus menggerakkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Dinas Pendidikan untuk memastikan program ini dapat terwujud di sekolah-sekolah PAUD yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

“Saya telah membuat Surat Keputusan Tim Forum Komunikasi Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan yang di didalamnya melibatkan tidak hanya staf Dinas Pendidikan tapi juga organisasi Forum PAUD yang ada di Labuhanbatu. Tim ini berperan dan bertugas untuk menjalankan program ini sesuai dengan tujuan dan capaian target program Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan”, ungkap Acun panggilan akrab Kadis Pendidikan Labuhanbatu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim telah meluncurkan Program Merdeka Belajar Episode 24 Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan.

Untuk mewujudkan proses transisi PAUD ke SD/MI yang menyenangkan, satuan pendidikan perlu: pertama, menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru pada pendidikan dasar (SD/MI); kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama; dan ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak yang dibangun secara kontinu dari PAUD hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

(AM-01)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *