Nasi Sudah Jadi Bubur Ayam

Sang mega bintang Lionel Messi dipastikan tidak ikut laga persahabatan Indonesia – Argentina, 19 Juni 2023 di Stadion GBK, Jakarta, Indonesia. Padahal Messi dkk tampil saat Argentina kontra Australia di Worker’s Stadium, Beijing, Kamis (15/6/2023). Jarak Beijing – Jakarta 5.221 kilometer namun, Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi memilih tidak terbang ke Indonesia.

Apa alasan Messi menolak ke Indonesia ? Padahal Erick Thohir sang Ketua Umum PSSI sesumbar mengatakan bahwa ia dan PSSI bukan kaleng – kaleng. Erick Thohir mengatakan itu saat ditanya wartawan berapa biaya mendatangkan Lionel Messi cs ke Indonesia. Kalau sudah begini, Erick Thohir menanggung malu besar karena mulut besarnya dan sesumbar membandingkan kedatangan grup band Coldplay yang tidak sebanding dengan kedatangan mega bintang Argentina Lionel Messi.

Messi menolak ikut bertanding melawan Timnas Indonesia yang peringkat 149 jauh dibawah Argentina yang peringkat 1 dunia versi FIFA. Messi sebelumnya memang sudah mengisyaratkan tidak akan ke Jakarta karena mengetahui adanya penolakan Timnas Israel pada perhelatan Piala Dunia U 20 di Indonesia yang dimotori sejumlah politisi seperti Ganjar Pranowo, I Wayan Koster dll. Akhirnya negerinya Messi yakni Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20.

Sepanjang perhelatan Piala Dunia U 20 di Argentina, Messi menjadi incaran jurnalis agar memberi komentar terkait Piala Dunia U 20.
Messi mengatakan, baginya Piala Dunia U 20 adalah moment penting yang selalu dikenangnya karena Piala Dunia U 20 lah dia menjadi pemain terbaik dunia saat ini.” Bagi saya Piala Dunia U 20 adalah istimewa.” kata Messi kepada media Argentina. Sebelum berhasil membawa Argentina U 20 menjadi juara pada 2005, nama Messi memang agak awam di kuping pencinta sepakbola tanah airnya. Hal itu karena sejak usia 13 tahun, Messi sudah berkelana ke Spanyol untuk membela Barcelona.

Karena itu, nama Messi sempat tenggelam di bawah nama-nama seperti Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay hingga Sergio Aguero yang sukses di level junior hingga remaja di Argentina. Setelah kesuksesan itu, barulah publik sepakbola Argentina mulai mengikuti kiprah Messi di Barcelona.” Seharusnya Piala Dunia U 20 dinanti semua negara agar bisa menjadi tuan rumah bukan malah menolak tim yang akan bertanding dengan alasan apapun.” ujar Messi.

Lionel Messi sejak kecil telah bersentuhan dengan yang namanya Yahudi dan Israel. Pemain kelahiran 24 Juni 1987 ini tinggal bersama orang tuanya di Jalan Estado de Israel (Negara Israel) 525, Selatan Kota Rosario, Argentina.

Adalah Dr. Diego Schwarzstein, dokter berdarah Yahudi tinggal dan bekerja di Rosario, merupakan penyelamat karier Messi dan menjadi ayah angkat Messi. Lelaki yang kini berusia setengah abad ini adalah Bapak Ideologi Messi yang mengasuh karir Messi dalam sepak bola sejak Sang Maestro Bola itu berusia sepuluh tahun.

Sekarang akhirnya kita merasakan dampak segelintir elit politik Indonesia yang tidak bisa jernih memisahkan olahraga dan politik. Messi akhirnya menolak ikut bertanding melawan Timnas Indonesia di Jakarta, Indonesia. Ia memilih pulang ke Argentina bersama sahabatnya Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi. Padahal jutaan mata penggemar bola Indonesia sudah bersiap – siap menyaksikan aksi Messi dkk nya itu. Semoga pada politisi Indonesia mengambil hikmah dari peristiwa ini.

Salam Olahraga.
Sahat Simatupang 98

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *