Universitas Darma Agung dan APP Darma Agung Wisuda 1.244 Mahasiswa, Pascasarjana,Sarjana dan Ahli Madya

Medan : Yayasan Perguruan Darma Agung, menggelar kegiatan prosesi wisuda untuk Universitas Darma Agung (UDA) dan Akademi Pariwisata dan Perhotelan (APP) Darma Agung, Sabtu (10/12/2022).

Berlangsung di Aula Pardede Hall, Jl. TD Pardede, Medan, kegiatan ini diikuti oleh 1.244 calon wisudawan dan wisudawati dengan rincian 1.185 untuk mahasiswa UDA dan 59 mahasiswa APP Darma Agung.

Hadir dalam kegiatan yang dibuka langsung Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung (YPDA) Partahi Siregar, SH tersebut, Perwakilan Gubernur, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony S.Sos, M.Si, CHE, perwakilan Kapoldasu, perwakilan Pangdam I/BB, Rektor UDA Dr Irene Silviani, MSP, Direktris APP Darma Agung Nirwaty Tarigan, SE, MM, orangtua wisudawan, para tamu undangan serta Kepala Lembaga Layanan DIKTI Wilayah I, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si yang hadir secara dari daring.

Mengawali kata sambutannya, Ketua Umum YPDA Partahi Siregar, SH mengucapkan selamat kepada seluruh orang tua dari wisudawan karena telah berhasil menuntaskan satu fase yang membanggakan.

“Hari ini juga menjadi sebuah hari yang menjadi catatan dalam sejarah kehidupan wisudawan/ti yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada program Diploma, Sarjana dan Magister di Universitas Darma Agung dan APP Darma Agung ini. Saya hendak mengingatkan bahwasanya keberhasilan ini merupakan langkah awal bagi para wisudawan/ti untuk terus dapat mengembangkan diri sekalipun tidak lagi berada di dalam lingkungan kampus,” ungkapnya.

Selain menyadari banyaknya kekurangan pihak kampus, Partahi mengaku akan menjadikan setiap pendapat menjadi masukan demi perbaikan di masa yang akan datang.

Tak lupa pula ia berterima kasih Kepada LL-DIKTI wilayah I yang tak henti-hentinya memberikan pembinaan dan pengawasan bagi institusi YPDA selama ini.

“Semoga di masa yang akan datang pembinaan ini terus dapat diberikan guna menjadikan institusi kami menjadi lebih kredibel dan berdaya saing. Melalui kesempatan ini juga kami pengurus Yayasan Perguruan Darma Agung berterimakasih kepada seluruh komponen steakholder yang telah terlibat baik pemerintah ataupun swasta dalam upaya pembangunan dan kemajuan bagi kedua institusi yang menyelenggarakan wisuda pada hari ini,” ucapnya

Sedangkan Kepala Lembaga Layanan DIKTI Wilayah I, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si dalam kata sambutannya yang disampaikan secara daring juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ti yang telah berhasil menuntaskan pendidikannya di tiap strata dan akhirnya bisa mengikuti acara wisuda sebagai hari yang istimewa.

“Begitu juga saya ucapkan selamat kepada UDA dan APP Darma Agung. Semoga institusi ini terus maju berkembang,” ujar Ibnu Hajar.

Sementara, Rektor UDA Dr Irene Silviani, MSP mengaku bangga karena momen sakral ini diikuti oleh ribuan mahasiswa dari seluruh jenjang pendidikan.

“Pada acara wisuda kali ini Universitas Darma Agung menghasilkan lulusan sebanyak 1.185 orang (Program Pasca Sarjana, Sarjana, dan Ahli Madya) setelah berhasil menyelesaikan studinya dan telah memenuhi semua persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.

Kepada para Wisudawan/ti, rektor atas nama Civitas Akademika UDA, turut mengucapkan selamat atas berhasilnya menyelesaikan pendidikan di kampus Universitas Darma Agung.

Diuraikannya, dalam wisuda kali ini ada 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana menghasilkan lulusan sebanyak 1.064 orang Strata 1 dan 3 orang Diploma III serta, program Pascasarjana.

Total wisudawan Pasca Sarjana sebanyak 118 orang, rinciannya ; Magister Ilmu Hukum 55 orang, Magister Ilmu Pemerintahan 20 orang, Magister Manajemen 41 orang dan Magister Agribisnis 2 orang.

Sedangkan untuk S1 dan D-3 meliputi :
Ilmu Sosial & Ilmu Politik sebanyak 83 orang. Rinciannya Ilmu Pemerintahan 61 orang dan Ilmu Komunikasi 22 orang
Ilmu Hukum 313 orang.
Ilmu Ekonomi Akuntansi dan Manajemen S1 sebanyak 143 orang dan D-3 Akuntansi sebanyak 3 orang.
Teknik sebanyak 317 wisudawan meliputi Teknik Sipil sebanyak 145 orang,
Teknik Elektro 33 orang dan Teknik Mesin 139 orang.

Untuk FKIP PPKN dan Pendidikan Fisika sebanyak 49 orang. Pertanian untuk jurusan Agroteknologi 41 orang dan Agribisnis 28 orang.
Sastra Inggris 34 orang.
Ilmu Keperawatan total 56 wisudawan, rinciannya Ilmu Keperawatan 29 orang dan Profesi Ners 27 orang.

“Pada kesempatan ini, di antara lulusan yang diwisuda pada hari ini, akan saya perkenalkan 14 orang lulusan terbaik atau berprestasi, yaitu 1 wisudawan tingkat Universitas dan 9 wisudawan tingkat Fakultas serta 4 orang wisudawan tingkat Magister sehingga ditetapkan sebagai wisudawan terbaik pada wisuda Tahun 2022,” ujar Irene.

14 wisudawan/wisudawati terbaik tersebut adalah sebagai berikut:
1. Budi Dharma Magister Ilmu Pemerintahan NPM 20013121002 dengan IPK 3,91
2. Arjun Nainggolan Magister Hukum NPM 20021121033 dengan IPK 4,00
3. Venny Fraya Hartin Nasution Magister Manajemen NPM 20033120013 dengan IPK 4,00
4. Leonardus H. Manao Magister Agribisnis NPM 19061121003 dengan IPK 4,00

Wisudawan Terbaik Tingkat Fakultas
1. Sylvia Haryanti Fisip Ilmu Komunikasi NPM 18012111014 dengan IPK 3,79
2. Nita Safira Panjaitan Hukum Ilmu Hukum NPM 18021111149 dengan IPK 3,77
3. Kristina Panjaitan Ekonomi Akuntansi (S1) NPM 18031111013 dengan IPK 3,86
4. Buriani Paulina Sinambela Ekonomi Akuntansi (D3) NPM 19031161005 dengan IPK 3,48
5. Ojak L. Sihotang Teknik Teknik Sipil NLM 18041111009 dengan IPK 3,44
6. Tuwinda Service Laia FKIP Pendidikan Fisika NPM 18053111013 dengan IPK 3,77
7. Sozanolo Laia Pertanian Agroteknologi NPM 18061111010 dengan IPK 3,63
8. Hanna Putri Halawa Sastra Inggris NPM 18071111005 dengan IPK 3,60
9. Angelin Gulo FIK Ilmu Keperawatan NPM 18081111002 dengan IPK 3,86

Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas
1. Kristina Panjaitan Ekonomi Akuntansi NPM 1803111013 dengan IPK 3,86

Irene Silviani juga menjelaskan bahwa lulusan UDA telah banyak yang berhasil, baik di bidang pemerintahan, politik maupun wirausahawan. Hubungan Universitas Darma Agung dengan Alumni selalu harmonis dan bahkan setiap Fakultas telah membentuk Ikatan Alumni masing-masing dan setiap tahun aktif mengadakan berbagai kegiatan yang dapat mengeratkan hubungan antara alumni dan Fakultas.

“Oleh karena itu kami berharap lulusan yang diwisuda hari ini tidak akan melupakan almamaternya, tetapi harus bisa menjadi mitra kami untuk memajukan Universitas Darma Agung yang kita cintai ini. Pada tahun 2022 ini, jumlah mahasiswa Universitas Darma Agung semakin bertambah, oleh karena itu, kita telah menambah tenaga administrasi, dan dosen agar dapat memenuhi tuntutan pelayanan yang maksimal. Selain penambahan dosen dan pegawai, Universitas Darma Agung kini sedang menugas belajarkan 18 orang dosen untuk mengikuti pendidikan di program S3 dan direncakan akan terus ditingkatkan di tahun yang akan datang,” urainya.

Dalam menghadapi era industri 4.0, lanjut Irene, Universitas Darma Agung menunjukkan eksistensinya dengan melakukan perubahan yang signifikan secara keberlanjutan dan berkesinambungan.

“Sebagai wujud nyata untuk merealisasikan visinya, Universitas Darma Agung juga akan memulai sistem pembelajaran yang lebih maksimal lagi melalui ketersediaan Learning Management System (LMS) yang pada tahun ajaran ini akan diberlakukan. Ini menunjukkan kesungguhan Universitas Darma Agung dalam meningkatkan mutu melalui layanan Pendidikan terbaik bagi seluruh sivitas akademika-nya,” pungkas Irene seraya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum YPDA dan orangtua wisudawan.

Senada juga diungkapkan Direktris APP Darma Agung Nirwaty Tarigan, SE, MM yang mengaku bangga hari ini anak didiknya sebanyak 59 orang tercatat sebagai wisudawan. Mereka terdiri dari 50 orang wisudawan Program Studi Perhotelan dan 9 orang wisudawan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata.

“Wisuda merupakan dua peristiwa penting dalam kehidupan para wisudawan. Peristiwa penting pertama adalah bahwa wisuda merupakan akhir dari perjuangan saudara di kampus, dan kedua adalah merupakan awal memasuki perjuangan baru di tengah-tengah masyarakat atau menciptakan lapangan kerja di masyarakat. Saudara harus bekerja keras karena cepatnya pertumbuhan lulusan pendidikan tinggi, tidak selalu diimbangi dengan penyediaan lapangan kerja,” tandasnya.

Dijelaskan Nirwaty, dari 59 orang wisudawan ada 2 orang wisudawan terbaik.
1. Nama : Melani br Silalahi
Program Studi : Perhotelan
NPM : 19014080540006
IPK : 3,75

2. Nama : Setia Wati
Program Studi : Usaha Perjalanan Wisata
NPM : 19014080530002
IPK : 3,77

Usai kata sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan dan penyerahan piagam penghargaan kepada wisudawan/i terbaik fakultas UDA yang dilakukan Wakil Rektor UDA Dr Mhd. Ansori Lubis, SH, M.Hum, pemberian piagam penghargaan kepada wisudawan terbaik oleh Rektor UDA Dr Irene Silviani, MSP dan pemberian piagam penghargaan kepada wisudawan/i terbaik yang diserahkan Direktur APP Darma Agung Nirwaty Tarigan, SE, MM.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *