Kemenkes: Pesawat Boleh Angkut Penumpang 100%, Syarat PCR untuk Cegah Corona

  • Whatsapp
banner 468x60

Operasi pesawat terbang dalam masa PPKM Jawa-Bali, sudah bisa beroperasi penuh atau 100 persen. Dengan pembaharuan itu, Kemenkes menilai tes PCR bagi penumpang pesawat sangat penting.

Juru bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan tes PCR sebagai syarat perjalanan udara merupakan cara untuk menyeimbangkan pencegahan penularan dan penurunan risiko COVID-19.“Karena kondisi tersebut [kapasitas 100%], salah satunya kita upayakan orang yang melakukan perjalanan itu tidak membawa virus [penyebab] COVID-19,” kata Nadia, Rabu (20/10).“Apalagi karena ada yang baru divaksin satu kali, dan di perjalanan kan sudah tidak ada penerapan jarak sekarang,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dengan dilakukannya tes PCR, kemungkinan adanya penumpang positif berangkat dapat ditekan. Dengan begitu, potensi mereka membawa virus corona pun berkurang.Sementara itu, ia memaparkan, tes rapid antigen memiliki sensitivitas yang lebih rendah dibandingkan PCR. Oleh karenanya, ada kemungkinan hasil tes antigen menunjukkan negatif palsu.

Di tengah membaiknya situasi pandemi RI, positivity rate juga semakin rendah, yakni hanya 0,6%. Positivity rate adalah persentase jumlah orang yang positif COVID-19 dari total orang yang diperiksa.Dengan positivity rate ini, Nadia menjelaskan akan banyak pemeriksaan dengan rapid antigen yang bersifat negatif palsu. Kondisi ini adalah ketika seseorang sebenarnya positif, tetapi virus yang ada di tubuhnya tidak terdeteksi.Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 53 Tahun 2021 pada Selasa (19/10). Instruksi itu memaparkan aturan-aturan terbaru selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level wilayah Jawa dan Bali.Berdasarkan aturan tersebut, calon penumpang pesawat harus melakukan tes PCR maksimal dua hari sebelum keberangkatan. Selain itu, disebutkan juga kapasitas pesawat sudah 100%, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

sumber : Kumparan

https://melayuraya.co.id/wp-content/uploads/2021/10/WhatsApp-Image-2021-10-19-at-16.33.08.jpeg

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *